oleh

Dihantam Banjir Bandang, Ratusan Meter Bangunan Perkuatan Tebing DAS Lasusua Rusak

Reporter : Pendi

KOLUT – Banjir bandang yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) turut merusak bangunan perkuatan tebing DAS lasusua, hingga sepanjang ratusan meter.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tebing DAS lasusua, Iwan Taruna Jaya menuturkan, proyek tersebut merupakan dana hibah dari badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) pusat.

Menurutnya, pembangun proyek tersebut dimulai pada Juni 2020 tersebut senilai Rp 11 miliar lebih dengan masa pengerjaan proyek tersebut berakhir pada 8 Desember 2020 kemarin.

Berdasarkan identifikasi di lapangan, dari sepanjang 1.085 meter, terdapat empat titik di bangunan perkuatan tebing DAS Lasusua yang rusak, atau dengan perkiraan panjang kerusakan 265 meter.

“Tebing DAS itu yang rusak yang disebabkan karena terjadinya banjir bandang dengan arus bawah yang deras terutama ditikungan dan berubahnya aliran sungai,” ungkap Iwan Taruna Jaya.

Senada dengan itu, perwakilan PT Agsya Karya Sejahtera, Agus selaku kontraktor proyek tersebut menuturkan, jika pihaknya saat ini tengah melakukan perbaikan pasca banjir.

“Namun karena beberapa pekerjaan itu mengalami kerusakan akibat banjir bandang maka kami pun akan tetap memperbaikinya dan sementara ini sudah dalam perbaikan,” pungkasnya. /B

Terkini