oleh

Diramal Terjadi Gempa dan Tsunami, Ini yang Dilakukan Pemkab Kolut

-Kolaka Utara-4.837 dibaca

Reporter : Pendi
Editor : Ardilan

KOLAKA UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) sudah menyiapkan langkah apabila terjadi bencana di daerah itu.

Wakil Bupati Kolut, Abbas mengungkapkan pihaknya akan menjadikan wilayah pegunungan sebagai lokasi evakuasi jika terjadi bencana alam.

Ia mengingatkan warganya agar waspada. Pasalnya, menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kolut diramal atau diprediksi bakal terjadi Gempa dan Tsunami.

“Tentu kita harus memikirkan langkah selanjutnya seumpama terjadi tsunami atau gempa bumi. Kita harus lari atau mengungsi kemana. Karena Kolaka Utara ini memiliki gunung-gunung yang tidak terlalu jauh dari garis bibir pantai dan bisa dijadikan tempat yang aman untuk mengungsi,” ucap Wakil Bupati Kolut, Abbas saat menggelar apel pasukan bersama Jajaran Polres Kolut dalam rangka operasi aman Nusa sebelas penanggulangan bencana alam memasuki dipenghujung akhir, Jum’at 13 November 2020.

Ia berharap jika bencana yang diramal oleh BMKG itu benar-benar terjadi tidak menelan banyak korban. Mengantisipasi hal itu juga, Abbas mengaku sudah menunjuk organisasi pimpinan daerah (OPD) terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk penanganan bencana nantinya.

“Jadi masyarakat nanti bisa langsung menghubungi dinas terkait seperti BPBD Kolaka Utara. Namun masyarakat juga dihimbau agar ketika memberikan informasi harus benar. Jangan memberikan informasi yang tidak benar atau hoax,” tandasnya. (3).

Terkini