Ingin Warganya Bisa Berlebaran, Kades Lawekara Bayar BLT Pakai Dana Pribadi

Reporter: Pendi

KOLUT – Pemerintah Desa Lawekara, Kecamatan Ranteangin, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap kedua untuk warganya yang terampak Covid-19.

Langkah ini lebih cepat dibandingkan desa lainnya di Kolut yang baru menyerahkan dana BLT sebesar Rp 600 000 yang bersumber dari Dana Desa (DD) untuk periode pertama atau April 2020.

Kepala Desa Lawekara Andi Isti Hasriani menjelaskan, pihaknya sudah menuntaskan penyalurkan BLT periode April itu sejak 6 Mei 2020 lalu dengan jumlah penerima sebanyak 22 kepala keluarga (KK).

“Hari ini kami kembali salurkan BLT untuk tahap kedua untuk bulan Mei 2020, sesuai komitmen bahwa saya akan salurkan untuk tahapa dua itu sebelum akhir Mei, alhamdulillah hari ini bisa terwujud,” kata Andi Isti Hasriani.

Ia menjelaskan, penyaluran BLT di tahap kedua ini menggunakan dana pribadinya karena ingin warganya bisa berlebaran, sehingga dana itu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan menjelasng lebaran.

“Dana BLT agar sebisa mungkin dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya ditengah musibah yang menimpa kita semua, demi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Lawekara Baso Muhammad Yusup menuturkan, Kades merogoh koceknya untuk mempercepat penyaluran BLT dengan dana pribadinya untuk kebutuhan warganya yang mau lebaran.

Untuk dana pribadi Kades yang dikeluarkan guna membayarkan BLT bagi 22 KK warganya tersebut, sesuai besaran dana BLT yang diterima yakni Rp 600.000, maka jumlah totalnya sebesar Rp 13.200.000.

“Dana pribadi yang dipakai tersebut nanti akan diganti setelah pencairan dana BLT tahap dua, karena kami sudah mengajukan perubahan anggaran tahun 2020,” jelasnya. /A

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total