oleh

Polres Kolut Gelar Pasukan Operasi Lilin Anoa

Reporter : Pendi

KOLAKA UTARA – Dalam rangka menyambut dan memasuki tahun baru 2021 dan perayaan natal 25 Desember 2020 mendatang, jajaran Polres Kolaka Utara (Kolut) menggelar upacara pasukan operasi Lilin Anoa di Mako Polres Kolut, Senin 21 Desember 2020.

Upacara tersebut dipimpin langsung Bupati Kolut, Nur Rahman Umar sebagai inspektur upacara. Ia membacakan amanah Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Dikatakan Kapolri, dalam rangka pengamanan perayaan natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021 (Nataru), Polri secara keseluruhan menurunkan 83 ribu lebih personel yang dipersiapkan. Sedangkan personil TNI sebanyak 15 ribu lebih.

Sementara instansi terkait lainnya yang akan ditempatkan 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan kamseltikcar lantas dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan dipusat keramaian belanja ,stasiun, terminal, bandara dan pelabuhan di seluruh nusantara.

Berdasarkan maving kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, miras, aksi pengrusakan pasilitas umum, tawuran baik antar kelompok pemuda maupun antar kampung.

“Olehnya itu seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisifasi yang proaktif dan aflikatif serta cara bertindak yang tepat efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karateristik kerawanan pada masing-masing daerah,” harap Nur Rahman Umar.

Ia menyebut, terdapat tujuh hal yang perlu ditekankan untuk dipedomani dalam rangka mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas antara lain siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan yang Maha Esa dan lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi dini untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat

“Mengantisipasi terjadinya gangguan alam dimusim penghujan ini seperti banjir dan tanah longsor. Dalam melaksanakan tugas tetap memperhatikan protokol kesehatan demi menghindari terjadinya klaster baru baik dalam perayaan natal maupun menyambut tahun baru,” imbaunya.

Ia menambahkan operasi Lilin Anoa akan berlangsung mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 04 Januari 2021.

Hadir pada apel gelar pasukan itu, Dandim 1412 Kolaka, Ketua DPRD, Kajari Lasusua, Kadis BPBD, Kadis kesehatan, Kasat Pol-PP dan Kadis Perhubungan. (c).

Terkini