oleh

Warga Korban Banjir Bandang Terisolir, Pemda Kolut Akan Belah Gunung Untuk Bikin Jalan

-Kolaka Utara-1.489 dibaca

Reporter : Pendi

KOLUT – Banjir bandang yang menghantam Desa Batuganda, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) memutus akses jalan yang menghubungkan sejumlah dusun di desa tersebut.

Berdasarkan data yang diterima, setidaknya empat dusun di Desa Batuganda, yakni dusun 3,4,5 dan 6 kondisinya kini terisolir akibat putusnya akses jalan menuju wilayah dusun tersebut.

Terkait kondisi tersebut, Bupati Kolut, Nur Rahman Umar menegaskan pihaknya akan berusaha untuk membuka kembali akses jalan untuk aktifitas warga menuju wilayah dusun yang terisolir tersebut.

“Jalan yang kita akan bikin ini merupakan akses yang menghubungkan dusun 3, 4 ,5 dan 6,” kata Nur Rahman Umar yang meninjau lokasi didampingi Wakil Bupati, H. Abbas, Selasa 29 Desmber 2020.

Menurutnya, jalan yang akan tengah dibuat tersebut akan jadi alternatif yang lebih aman ketika musim hujan datang dan bila terjadi bencana alam seperti banjir yang baru saja dialami.

“Jalan yang akan dibikin ini melewati beberapa kebun atau lokasi milik masyarakat, namun jalur untuk dibikin jalan sudah dihibahkan yang punya kebun maupun lokasi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kolut, Mukramin menuturkan, jalan alternatif yang akan dibangunnya tersebut sepanjang 670 meter dan lebar sekitar 8 meter yang mulai dikerjakan hari ini.

“Kita sudah mulai kerja yang disaksikan langsung bupati dan wakil bupati, kepala desa serta masyarakat, dan semoga saja dalam mengerjakan jalan ini tidak ada hambatan seperti hujan dan hambatan lainnya,” kata Mukramin.

Dijelaskannya juga, ruas jalan alternatif yang tengah dibangunnya tersebut akan membelah gunung dan memotong sebagian ketinggiannya untuk memudahkan warga saat melewatinya.

“Beberapa hari kedepan jalan ini sudah bisa tembus dan dilalui, jalan yang akan dibikin ini kita akan membelah gunung dengan cara kattingan karena ada tanjakan yang lumayan tinggi,” ungkapnya.

Atas dibangunnya jalan alternatif tersebut, Kepala Desa Batuganda, Masbahuddin mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kolut, karena adanya jalan itu membuat masyarakat tidak khawatir beraktifitas.

“Banyak terimakasih kepada bupati dan wakil bupati atas jalan yang akan dibikin ini, agar masyarakat di empat dusun itu sudah tidak khawatir lagi soal jalan keluar masuknya mereka,” pungkasnya. (B)

Terkini